PT
UNILEVER
|
PT
INDOFOOD
|
Di
dalam menghadapi persaingan antar perusahan, PT. UNILEVER,tbk memiliki
strategi-strategi dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan,
strategi itu antara lain:
1. KEPEMIMPINAN
HARGA RENDAH
Dengan
menjaga harga dan kualitas produk tetap terjaga
2. DIFERENSIASI
PRODUK
Produk
Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang terbaru, tetapi Unilever
tetap mempertahankan kualitas produknya.
3. BERFOKUS
PADA PELUANG PASAR
Produk
Unilever menggunakan sistem informasi pelanggan yang beda dengan yang lain,
produk masuk kedalam pasar dengan cara mempromosikan barang-barangnya dengan
cara terjun langsung ke masyarakat dengan bukti-bukti kualitas secara real.
4.MENGUATKAN KEAKRABAN PELANGGAN DAN PEMASOK
Menggunakan
sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung dari pemasok terhadap
jadwal produksi.dan bahkan mengizinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan
kapan mengirim pasokan kepada pemasok. Selain itu Unilever juga melakukan
Tanya jawab kepada para konsumen dan membuat suara konsumen tempat para
konsumen mengeluh.
|
PT Indofood
adalah salah satu prusahaan makanan yang terbesar yang ada di Indonesia,
dengan produk unggulannya yaitu Indomie. Pada tahun 2002 Indomie menguasai
90% pasar mie instan, kemudian Tahun 2010 menurun menjadi 75%, dalam hal ini
Indofood memiliki beberpa strategi untuk meningkatkan penjualan mereka,
melalui strategi pemasara, seperti:
(1) penjualan langsung, yaitu dilakukan dengan
menggunakan armada penjualan sendiri yang beroprsi di DKI Jakarta, Jawa,
Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi,
(2) penjualan
tidak langsung, meliputi wilayah pemasaran di seluruh Indonesia. Dilakukan
lewat distributor lalu pengecer dan grosir baru ke konsumen akhir, dan
(3) lewat promosi, melalui media cetak maupun elektronik.
|
Dilihat
dari data diatas strategi yang dijalankan oleh perusahaan PT Unilever lebih
berfokus dan lebih tertata dan juga perusahaan PT Unilever lebih dekat dengan
para konsumennya dibanding PT Indofood, seperti perusahaan Unilever terjun
langsung ke pasar untuk memasarkan produknya ke masyarakat, serta PT Unilever
memiliki diferensial produk yang tinggi, tidak hanya makanan, PT unilever juga
memproduksi perlengkapan rumah tangga. Dan juga PT Unilever terus menganti
kemasan pada produknya, bertujuan untuk menghilangkan jenuh masyarakat pada
produk yang mereka produksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar