Selasa, 20 November 2012

Trategi Pemasaran (PT Unilever VS PT Indofood)




PT UNILEVER
PT INDOFOOD
Di dalam menghadapi persaingan antar perusahan, PT. UNILEVER,tbk memiliki strategi-strategi dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan, strategi itu antara lain:
1. KEPEMIMPINAN HARGA RENDAH
Dengan menjaga harga dan kualitas produk tetap terjaga
2. DIFERENSIASI PRODUK
Produk Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang terbaru, tetapi Unilever tetap mempertahankan kualitas produknya.
3. BERFOKUS PADA PELUANG PASAR
Produk Unilever menggunakan sistem informasi pelanggan yang beda dengan yang lain, produk masuk kedalam pasar dengan cara mempromosikan barang-barangnya dengan cara terjun langsung ke masyarakat dengan bukti-bukti kualitas secara real.
4.MENGUATKAN KEAKRABAN PELANGGAN DAN PEMASOK
Menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung dari pemasok terhadap jadwal produksi.dan bahkan mengizinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapan mengirim pasokan kepada pemasok. Selain itu Unilever juga melakukan Tanya jawab kepada para konsumen dan membuat suara konsumen tempat para konsumen mengeluh.

PT Indofood adalah salah satu prusahaan makanan yang terbesar yang ada di Indonesia, dengan produk unggulannya yaitu Indomie. Pada tahun 2002 Indomie menguasai 90% pasar mie instan, kemudian Tahun 2010 menurun menjadi 75%, dalam hal ini Indofood memiliki beberpa strategi untuk meningkatkan penjualan mereka, melalui strategi pemasara, seperti:
 (1) penjualan langsung, yaitu dilakukan dengan menggunakan armada penjualan sendiri yang beroprsi di DKI Jakarta, Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi,
(2) penjualan tidak langsung, meliputi wilayah pemasaran di seluruh Indonesia. Dilakukan lewat distributor lalu pengecer dan grosir baru ke konsumen akhir, dan
(3)   lewat promosi, melalui media cetak maupun elektronik.


Dilihat dari data diatas strategi yang dijalankan oleh perusahaan PT Unilever lebih berfokus dan lebih tertata dan juga perusahaan PT Unilever lebih dekat dengan para konsumennya dibanding PT Indofood, seperti perusahaan Unilever terjun langsung ke pasar untuk memasarkan produknya ke masyarakat, serta PT Unilever memiliki diferensial produk yang tinggi, tidak hanya makanan, PT unilever juga memproduksi perlengkapan rumah tangga. Dan juga PT Unilever terus menganti kemasan pada produknya, bertujuan untuk menghilangkan jenuh masyarakat pada produk yang mereka produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar