Selasa, 20 November 2012

E- Commerce (Garuda Indonesia VS Lion Air)



GARUDA INDONESIA
LION AIR
Garuda Indonesia menggunakan E- commerce untuk memudahkan customer membeli tiket, dalam websitenya www.garuda-indonesia.com/ terdapat beberapa produk dan layanan dari Garuda Indonesia, yaitu:
Book Flight
Calon penumpang Garuda Indonesi dapat melakukan pemesana tiket secara online melalu web.
Check In dan e-Ticketing
Di check in secara online, konsumen juga dapat memilih tempat duduk sesuai dengan kelas penerbangan yang telah dibayar.
Show Schedule and Tariff
Dengan adanya jadwal dan tarif untuk setiap rute yang diperbarui setiap hari.
e-Payment
e-Payment memudahkan calon penumpang Garuda Indonesia untuk pembelian tiket secara online lewat web Garuda Indonesia.
Hampir sama dengan Garuda Indonesia, Lion Air juga menggunakan E- Commerce pada websitenya yang beralamat www2.lionair.co.id, yang memiliki fiktur sebagai berikut:
Fasilitas online ticketing,
Pemesanan tiket via internet dan SMS. Cara ini terbukti menguntungkan semua pihak karena selain waktunya lebih cepat, juga lebih efisien dari segi biaya.
Mobile Check In dan Drive Thru Check In,
Terobosan terbaru Lion Air yang mempercepat penumpang melakukan proses check in di bandara. Dua fasilitas ini terhubung online dengan sistem database penjualan Lion Air.
Fasilitas Drive Thru Check
Layanan ini membantu calon penumpang untuk check in tanpa harus mengantri dengan cara mendatangi “mesin layanan” layaknya mengambil uang di ATM drive thru.
Mobile SMS Booking
Merupakan layanan yang membantu calon penumpang memesan tiket via sms (Skedul penerbangan dan reservasi tiket online).


Jika kita melihat data diatas, fitur- fitur produk dan pelayanan yang digunakan Garuda Indonesia dan Lion Air di websitenya masing- masing hampir sama satu sama lain. Semua ini adalah terobosan- terobosan yang digunakan oleh maskapai pernerbangan untuk memberikan pelayanan penuh dan memberikan kemudahan bagi customernya untuk memesan tiket penerbangan hingga check- in, sebab maskapai penerbangan adalah salah satu transportasi yang digemari oleh masyarakat banyak, karena kecepatan dan keefisienan dalam menempuh jarak waktu perjalanan.

1 komentar: